22 Sep 2012

Sindrome Gangnam Style

Gangnam Style mulai mewabah di Indonesia, berdasarkan sumber wikipedia mengatakan : " Gangnam Style " merupakan istilah yang digu... thumbnail 1 summary

Gangnam Style mulai mewabah di Indonesia, berdasarkan sumber wikipedia mengatakan :gangnam_style.jpg


"Gangnam Style" merupakan istilah yang digunakan oleh warga Korea Selatan untuk menggambarkan gaya hidup mewah yang berhubungan dengan distrik Gangnam sebuah kawasan yang makmur dan trendi di Seoul yang terkenal sebagai area elit tempat tinggal banyak artis papan atas, publik figur, maupun para chaebol dan orang terkenal lainnya. 90 % dari 300-an klinik operasi plastik di Korea Selatan terdapat di distrik Gangnam ini.


Secara harfiah, terjemahan dari Gangnam ini adalah " (Oppan Gangnam seutail)" atau " Oppa (saya) adalah Gangnam Style" Kata Korea (oppa) berarti "panggilan dari perempuan untuk saudara laki-laki", tetapi dapat juga digunakan sebagai kaa ganti pertama, atau ketiga untuk menunjuk seorang laki-laki yang lebih tua atau lebih tua dari perempuan. Berdasarkan norma-norma budaya yang lebih baru, istilah ini biasanya digunakan untuk merujuk kepada pacar atau pasangan laki-laki. Sedangkan (oppan) merupakan singkatan dari (oppaneun). adalah penanda topik, yang dalam hal ini berarti subjek tersirat dari kalimat tersebut adalah penyanyinya. Dengan demikian terjemahan harfiah dari "Oppan Gangnam style" adalah "kakak atau pacar laki-lakimu [adalah] seorang Gangnam Style".


Saat "Gangnam Style" dirilis pertama kali pada tanggal 15 Juli 2012, lagu ini hanya diketahui oleh para penggemar K-pop. Namun, para penggemar K-pop kemudian mulai berbagi dan saling menyebarkan di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Tidak lama kemudian, pengguna internet di luar komunitas K-Pop mulai mengetahui lagu ini. Bahkan, selebritis-selebritis internasional juga ikut-ikutan "mengetweet" tentang "Gangnam Style", yang memicu efek bola salju. Menjelang akhir Juli, lagu ini sukses menjadi hit di seluruh dunia dan media-media internasional mulai memperhatikan hal itu. Pada tanggal 4 Agustus, The Los Angeles Times menulis bahwa popularitas "Gangnam Style" ini "tak terbendung" dan telah "mengambil alih dunia". Pada minggu terakhir Agustus, majalah Billboard melaporkan bahwa posisi lagu ini naik delapan peringkat dalam tangga lagu Billboard Social 50, mengalahkan Taylor Swift yang sebelumnya menempati posisi jawara. Prestasi ini (naik delapan peringkat) merupakan prestasi pertama yang diraih oleh penyanyi asal Asia, dan sejauh ini tercatat hanya sembilan musisi yang pernah menorehkan prestasi tersebut, termasuk Justin Bieber, Lady Gaga dan Adele.

No comments

Post a Comment