4 Aug 2011

Pembuatan e-KTP Diundur

BANDA ACEH - Pembuatan dan penerapan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau (e-KTP) di Banda Aceh, diundur hingga 18 Agustus 2011 target seb... thumbnail 1 summary
BANDA ACEH - Pembuatan dan penerapan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau (e-KTP) di Banda Aceh, diundur hingga 18 Agustus 2011 target sebelumnya pada 1 Agustus. Hal ini akibat perangkat elektronik yang dibutuhkan saat pembuatan Ktp tersebut, belum tiba di Banda Aceh.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Banda Aceh, Dra Arfah Salwah MSi, kondisi ini juga terjadi di daerah lain di Indonesia. “Perangkat elektronik dari Amerika Serikat terlambat sampai ke-197 kabupaten/ di Indonesia,” katanya, kemarin.

Hal itu disampaikan Arfah menanggapi pernyataan Anggota Komisi A DPRK Banda Aceh, Surya Mutiara, yang mempertanyakan komitmen Pemko Banda Aceh memberlakukan e-KTP per 1 Agustus ini, dan mengalihkan proses pembuatannya dari Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KP2TSP), ke kantor-kantor camat.

Menurut Surya, hasil pemantauannya, pihak kecamatan belum menerima perangkat berupa komputer, camera digital, dan alat sidik jari. Selain itu, operator yang akan dibekali bimbingan teknik (bintek) pada 30-31 Juli, juga ditunda. Sementara tower/pemancar dan alat e-KTP (modem) sudah terpasang dan instalasi sudah disiapkan.

Sedangkan soal 38 operator di kecamatan, menurut Arfah Salwah, dalam waktu dekat akan dilatih oleh tim dari Sucofindo, sebab alat-alatnya sebagian sudah tiba di Kecamatan Kuta Raja, Luengbata, Baiturrahman, Jaya Baru, dan Kantor Disdukcapil.

Sumber : SerambiNews

No comments

Post a Comment