25 Jul 2011

Napak Tilas Pemberian Nama Aceh

Aceh Darussalam, D.I Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Aceh. Nama-nama itu kita tentunya sudah tahu. Tapi tahukan anda dari mana nama... thumbnail 1 summary
Aceh Darussalam, D.I Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Aceh. Nama-nama itu kita tentunya sudah tahu. Tapi tahukan anda dari mana nama aceh itu diberikan dan bagaimana kisah hingga negeri ini menjadi nama aceh (atjeh). 
Mencoba menelusuri dari beberapa sumber tulisan akhirnya mengambil titik terang dari tulisan yang ada di acehpedia. 

Catatan Bangsa Eropa

Saat Bangsa Portugis dan Italy datang memulai perdagangannya di Nusantara, nama-nama tersebut berubah seiring bergantinya generasi. Pedagang Eropa tersebut lebih senang menyebut dengan beberapa nama seperti; Achem, Achen, Acen. Sementara pedagang dan Pendakwah Arab menyebut Asji, Dachem, Dagin, Dacin. Sementara Saudagar Inggris agak sedikit berbeda di penulisannya, yaitu; Atcheen, Acheen. Sumber Belanda mempunyai daftar nama yang teratur yang menjadi rangkaian perubahan nama menjadi nama sekarang, yaitu nama Achem, Achim, Atchin, Atchein, Atjin, Atsjiem, Atsjeh dan akhirnya Atjeh.
Serangkaian penyebutan itu sebenarnya mempunyai makna dan daerah penyebutan yang sama, namun logat dan distribusi berita dari satu pedagang ke pedagang lain membuat perubahan sedikit dalam penyebutannya. Sementara dari sumber melayu, nama daerah ini disebut dengan nama Atjeh. Sumber ini berupa Tarich Melayu, Sarakata(surat-surat lama Aceh), mata uang, emas dan lain-lain.


Catatan Bangsa Asia

Jika ditelisik lebih dalam ke sumber lengkap, ada beberapa sumber yang dapat dipercaya, yaitu: Tarich Kedah yang menyebut nama Atjeh sudah ada sejak tahun 1220 M (571 H), jauh sebelum Iskandar Muda memerintah Aceh Darussalam. Namun, ada naskah lama (301 M) yang menyebut daerah barat Aceh dengan nama Barosai untuk menyebut daerah Barus.
 

No comments

Post a Comment